Harga Bahan Pokok Melambung Tinggi Menjelang Nataru

PROBOLINGGO, Arus Berita - Pekan depan sudah memasuki waktu liburan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Beberapa bahan pokok di pasar sudah mulai naik harganya. Beberapa jenis buah-buahan, sayur-sayuran dan daging-daging mulai naik.

Contohnya daging ayam yang pekan lalu harganya berkisar dibawah Rp. 30.000an, saat ini sudah mencapai hampir Rp 40.000an. Begitu juga dengan daging sapi dari Rp. 100.000an naik menjadi berkisar Rp. 125.000an.

Beberapa macam sayuran juga naik dua kali lipatnya atau lebih. Tomat yang minggu lalu Rp. 2.000an, saat ini mencapai Rp. 5.000an. Begitu juga cabe rawit, dari harga Rp. 50.000an , naik menjadi Rp. 80.000 keatas.

Suparmi, pedagang di pasar Triwung mengatakan bahwa harga naik dari petani nya. "Saya ikut harga petani. Kalau dari petani naik, ya pasti harga saya jual juga naik," ujar Suparmi kepada Arus Berita. 

Saat dikonfirmasi, Fitriwati, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo, membenarkan akan kenaikan harga beberapa komoditas bahan pokok dilapangan.

"Iya beberapa bahan pokok naik harganya menjelang liburan nataru ini, ujarnya. Fitriwati mengatakan bahwa kenaikan ini dipicu karena kebutuhan konsumen naik, sementara jumlah yang ada tidak bertambah. Fitri menambahkan bahwa kondisi musim hujan menyebabkan banyak petani yang gagal panen, sehingga membuat harga beberapa komoditas naik. (SUL)

Post a Comment

0 Comments