Angklung Berasal dari Mana? Simak Sejarah dan Cara Memainkannya

Angklung berasal dari mana? Angklung adalah alat musik Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Angklung ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO.

PROBOLINGGO, Arus BeritaAngklung berasal dari mana? Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu. Angklung sudah terkenal hingga mancanegara dan ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO.

Untuk menjawab pertanyaan asal daerah alat musik angklung, simak sejarahnya berikut ini.

Baca Juga : Sering Rusak, Pagar Besi Tanam agar diganti Pagar Dari Tanaman Hidup

Angklung berasal dari mana?

Dilansir situs resmi Kemdikbud, angklung berasal dari Jawa Barat. Angklung berasal dari kata "angka" yang berarti nada dan "lung" yang berarti pecah. Jadi, angklung merujuk pada nada yang pecah atau tidak lengkap.

Istilah angklung dalam bahasa Sunda 'angkleung-angkleungan' berarti gerakan pemain angklung dan membentuk suara klung yang dihasilkannya. Di lingkungan Kerajaan Sunda (abad ke 12-abad ke16), angklung dimainkan sebagai bentuk pemujaan terhadap Nyai Sri Pohaci yang melambangkan Dewi Sri (dewi padi/dewi kesuburan). 

Angklung berasal dari mana? Angklung adalah alat musik Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Angklung ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO.

Bagaimana Cara Memainkan Angklung?

Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan atau digetarkan. Tangan kiri bertugas untuk menggantung angklung, sedangkan tangan kanan bertugas untuk membunyikan angklung.

Kesenian Alat musik tradisional ini terbuat dari tabung-tabung bambu. Jenis bambu yang biasa digunakan sebagai bahan alat musik tersebut adalah bambu hitam (awi wulung) dan bambu putih (awi temen).
Baca Juga : Proyek Revitalisasi Pasar Baru Disidak Lagi Oleh Komisi III

Tokoh yang Mengembangkan Angklung

Dikutip dari situs Kemdikbud, ada dua tokoh yang berperan dalam perkembangan angklung di Jawa Barat, yaitu Daeng Soetigna sebagai Bapak Angklung Diatonis Kromatis dan Udjo Ngalagena yang mengembangkan teknik permainan berdasarkan laras-laras pelog dan salendro.

Pada tahun 1938, Daeng Soetigna menciptakan angklung dengan tangga nada diatonis. Angklung hasil inovasi Daeng Sutigna berbeda dengan angklung pada umumnya yang berdasarkan tangga nada tradisional pelog atau salendro. Inovasi inilah yang membuat angklung bisa dimainkan harmonis bersama dengan alat-alat musik Barat, bahkan bisa disajikan dalam bentuk orkestra.

Udjo Ngalagena, murid Daeng Soetigna meneruskan usaha Sang Guru mempopulerkan angklung temuannya dengan mendirikan "Saung Angklung" di daerah Bandung, Jawa Barat. Kemudian, tempat itu dikenal sebagai "Saung Angklung Udjo" yang menjadi pusat kreativitas alat musik angklung. (SUL)

Post a Comment

0 Comments