7 Manfaat Temulawak Obat Herbal Kaya Khasiat Asli Indonesia

Temulawak Obat Herbal Alami (Foto: shutterstock.com)

PROBOLINGGOArus Berita - Temulawak dikenal sebagai salah satu bahan penting dalam meracik jamu tradisional. Tanaman herbal yang banyak dijumpai di Indonesia ini memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan.

Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman herba yang termasuk ke dalam golongan suku temu-temuan yakni tanaman yang akar dan batangnya menyatu di dalam tanah. Umumnya digunakan untuk bumbu dapur dan diolah sebagai tambahan penyedap rasa makanan.

Baca Juga : Jaran Bodhag, Kesenian Asli Probolinggo dan Sejarahnya

Temulawak memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik seperti zat tepung, kurkumin, minyak atsiri, phleandren, protein, kamfer, serat, glukosida, antioksidan, turmerol, borneol, kalsium, zat besi, potasium, sodium, dan masih banyak yang lainnya. Nah apa saja manfaat yang terkandung dari daunsirih, simak penjelasan berikut :

1. Memperlancar Proses Pencernaan

Kandungan serat kurkumin yang tinggi pada temulawak dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Khasiat temulawak yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki masalah susah buang air besar. Selain itu, masalah gangguan pencernaan lain juga diketahui dapat diatasi dengan temulawak.

Pernyataan ini diperkuat oleh temuan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Jurnal tersebut menemukan bahwa berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan konsumsi temulawak. 

2. Menambah Nafsu Makan

Salah satu manfaat temulawak yang terkenal yakni mampu menambah nafsu makan. Kandungan atsiri dalam temulawak kerap dimanfaatkan oleh orang-orang yang kehilangan nafsu makan, umumnya pada anak-anak. Maka, tidak heran kandungan temulawak sering ditemukan pada madu atau suplemen penambah nafsu makan anak.

3. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam temulawak mampu menyusutkan sel kanker dan mencegah terbentuknya kanker di badan. Senyawa anti-inflamasi seperti kurkumin dapat berperan dalam pengobatan dan pencegahan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kolorektal, pankreas, prostat, payudara, dan lambung.

4. Mengatasi Peradangan

Senyawa anti-inflamasi pada temulawak mendatangkan manfaat yang mampu mengatasi peradangan. Faktanya, senyawa kurkumin pada temulawak merupakan senyawa anti-inflamasi alami. Senyawa tersebut dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan akibat luka.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat dari temulawak yang terkenal adalah ia mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita dan menghindari berbagai macam penyakit. Hal ini karena kandungan kurkumin yang ada dalam temulawak diketahui memiliki sifat anti-inflamasi. Anti-inflamasi membantu meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

6. Menurunkan Kolesterol

Khasiat temulawak yang sering digunakan untuk kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol. Kandungan kurkuma yang tinggi membantu menurunkan kolesterol jahat bernama low density lipoprotein (LDL). Ketika kadar LDL dalam tubuh tinggi, artinya banyak kolesterol yang mengendap di dinding arteri seseorang. Hal ini menyebabkan arteri menyempit yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti jantung koroner.

7. Mengatasi Masuk Angin

Perut kembung akibat masuk angin memang seringkali tidak disadari oleh tubuh. Untuk itu, konsumsi lah temulawak sewaktu-waktu kamu masuk angin. Temulawak mampu mengatasi masuk angin karena adanya kandungan piridoksin pada tanaman tersebut.

Baca Juga : Angklung Berasal dari Mana? Simak Sejarah dan Cara Memainkannya

Umumnya, masuk angin disertai dengan rasa mual dan muntah. Piridoksin (pyridoxine) atau yang lebih dikenal dengan sebutan vitamin B6 memiliki manfaat untuk mengatasi mual dan muntah. Tidak heran jika terdapat obat herbal masuk angin menggunakan temulawak yang memiliki kandungan piridoksin di dalamnya.

Post a Comment

0 Comments