7 Cara Meredakan Hidung Tersumbat dan Mampet

(Foto: shutterstock.com)

PROBOLINGGOArus Berita Mengatasi hidung tersumbat pun tidak harus menunggu dengan pasrah sampai penyebab hidung mampet hilang dan pernapasan kembali lega. Terdapat beberapa cara mengatasi hidung tersumbat tanpa harus dengan berobat ke dokter. 

Baca Juga : Jaran Bodhag, Kesenian Asli Probolinggo dan Sejarahnya

Kamu bisa melakukan beberapa cara meredakan keluhan hidung mampet hanya dari rumah dan menggunakan perlengkapan yang sederhana. Penasaran? Simak penjelasan berikut :

1. Menjaga Suhu Tetap Hangat

Kamu bisa mematikan air conditioner maupun kipas angin untuk menghangatkan tubuh. Bisa juga ditambah dengan menggunakan pakaian hangat dan selimut ketika tidur. 

Mengonsumsi minuman hangat seperti jahe, teh, hingga air putih pun bisa menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh guna mengurangi gejala hidung mampet. Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama dapat dilakukan dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

2. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk. Karenanya, penting menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Minum air putih dalam jumlah cukup juga akan membantu mengencerkan lendir pada hidung, sehingga akan meredakan hidung tersumbat.

3. Menghirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menghirup yang hangat. Upaya ini juga membantu melegakan pernapasan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat, kemudian dekatkan wajah pada wadah dan cobalah hirup uap hangatnya. 

Pastikan air tidak terlalu panas untuk menghindari sensasi luka bakar pada wajah. Anda juga dapat melakukannya dengan cara lain, misalnya mandi air hangat atau membasuh wajah dengan waslap yang sudah dicelupkan air panas.

4. Menggunakan Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus merupakan salah satu cara meredakan hidung tersumbat secara alami dengan cepat dan efektif. Oleskan minyak eucalyptus pada bagian tubuh yang meliputi area dada, leher dan hidung. Aroma yang dihasilkan dari minyak tersebut akan membantu menghangatkan hidung sehingga saluran pernapasan menjadi lebih lancar.

5. Menggunakan Pelembap Udara

Tidak ada salahnya membeli dan menggunakan alat pelembap udara, atau biasa disebut dengan humidifier, jika kamu sering mengalami keluhan hidung tersumbat. Alat pelembap udara yang dipasang di kamar atau ruanganmu dapat menjadikan udara di sekitar menjadi lebih lembap. 

Baca Juga : Angklung Berasal dari Mana? Simak Sejarah dan Cara Memainkannya

Keuntungannya, udara yang lembap akan mampu menenangkan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Ketika iritasi mereda, gejala hidung mampet pun dijamin berkurang.

6. Keluarkan Lendir di Hidung

Apa yang biasa kamu lakukan ketika merasa hidung mampet dan sulit untuk bernapas? Hal ini menandakan adanya cairan lendir (mucus), atau yang sering disebut dengan ingus, yang menyumbat saluran pernapasanmu. Jika selama ini kamu cenderung menghirup kembali ingus yang ada di hidung, hentikan kebiasaan tersebut. 

Menghirup ingus kembali justru membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat gejala hidung tersumbat bertambah parah. Sebaiknya jika memang merasa ada ingus yang hendak keluar, keluarkanlah ingus tersebut.

7. Mengonsumsi Obat-obatan

Apabila cara alami belum mampu untuk mengatasi hidung tersumbat, maka Anda dapat mengonsumsi obat. Obat yang umum digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dekongestan dalam bentuk semprotan hidung atau pil. 

Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan, usahakan Anda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terlebih dahulu.

Post a Comment

0 Comments